Sosial Media sebagai Salah Satu Media Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang pesat di dunia, informasi yang pertama kali muncul di dunia adalah surat yang ditemukan pertama kali di Mesir. Kemudian telegraf yang menggunakan morse untuk jarak jauh, perkembangan teknologi yang kiat cepat ditemukan sebuah telepon yang sampai sekarang digunakan.
Ketiga teknologi yang ditemukan di temukan oleh
Alexander Graham Bell. Teknolgi Komunikasi yang semakin berkembang, khalayak
menyebutnya gadget,
karena adanya berbagai macam gadget yang
berkembang dari masa ke masa. Gadget berkembang
dengan berbagai macam jenisnya hingga saat ini menggunakan touchscreen. Gadget tentu berisi berbagai
macam aplikasi sosial media yang digunakan oleh konsumen. Beberapa aplikasi
yang menjadi daya tarik konsumen bahkan di gunakan oleh konsumen yaitu
Whatsapp, Line, WeChat, KakaoTalk.
Sejarah Sosial Media
Sosial media awalanya terbentuk ada tahun
1978 dari penemuan sistem papan buletin. Sistem papan buletin di temukan oleh
Ward Chirtensen dan randy Suess yang merupakan pecinta komputer. Sistem papan
buletin ini memiliki fungsi untuk mengunggah atau mengunduh ataupun
berkomunikasi menggunakan surat elektronik yang harus di hubungkan melalui
koneksi internet.
Pada tahun 1995, munculah situs bernama Geo
Cites, situs yang menjadi tonggak dari berdirinya website – website lain. Situs
ini melayani web hosting seperti penyewaan penyimpanan data – data agar bisa di
akses dari mana saja.
Tahun 1997, muncul situs jejaring sosial
pertam yaitu Sixdegree.com. setelah itu lahirlah situs untuk membuat blog
pribadi yaitu Blogger pada tahun 1999. Situs ini menawarkan penggunanya untuk
membuat sebuah halaman di situsnya sendiri. Kelebihannya, Anda bisa menulis hal
tentang apapun, bahkan hal pribadi ataupun untuk pemerintahan.
Pada tahun 2002, berdirillah situs jejaring
sosial bernama friendster. Disusul dengan Linkedln pada tahun 2003. Situs
tersebut bukan hanya untuk bersosial, tapi juga untuk mencari pekerjaan.
Ditahun yang sama juga hadir situ bernama MySpace.
Tahun berikutnya, muncul situs jejaring
sosial yang masih eksis hingga saat ini yaitu Facebook. Dua tahun kemudian,
muncul jejaring sosial bernama Twitter yang memilik keunikan tersendiri karena
pengguna twitter hanya bisa mengupdate status maksimal 140 karakter. Pada tahun
2007, lahirnya Wiser yag bertepatan dengan peringatan Hari Bumi yaitu tanggal
22 April 2007.
Dan pada tahun 2011, lahirlah situs
jejaring sosial bernama Google+. Namun, dulunya pada saat awal peluncuran Google+ hanya sebatas pada orang yang memang telah di invite oleh google.
Kemudian, Google meluncurkan Google Plus secara umum.
Teori Media Sosial Menurut Berbagai Para Ahli
1. Varinder Taprial dan
Priya Kanwar (2012) – Media sosial adalah media yang digunakan oleh individu agar
menjadi sosial, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagi isi,
berita, foto dan lain-lain dengan orang lain.
2. B.K. Lewis (2010) – Media sosial
adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan,
berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan.
3. Mark Hopkins (2008) – Sosial media
adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform Media Baru tetapi
juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan
lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah
bahwa berbagai platform media yang memiliki komponen sosial dan sebagai media
komunikasi publik.
4. P.N. Howard dan M.R
Parks (2012) –
Media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur
informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi
media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan
produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan
mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan
industri.
5. Russo, J. Watkins, L.
Kelly, dan S. Chan (2008) – Media sosial adalah instrumen yang memfasilitasi
komunikasi, jaringan, dan/atau kolaborasi secara daring.
Contoh-Contoh Sosial Media
1. Facebook
Merupakan sosial media milik seorang pria asal Amerika Mark Zuckerberg ini menjadi sosial yang paling populer di Indonesia. Facebook yang merupakan situs jejaring sosial berbasis web ini diciptakan dengan tujuan agar orang dapat mencari teman atau keluarga yang jarang kita temui. Meskipun merupakan jejaring sosial berbasis web, namun seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya pengguna, kini facebook juga dapat digunakan di mobile phone. Sebanyak 65 juta orang yang menggunakan facebook saat ini.
2. Twitter
Sosial media yang menggunakan lambang burung dan awan ini menjadi sosial media populer di Indonesia kedua setelah facebook dengan total pengguna yang mencapai angka 19,5 juta pengguna. Alasan kenapa twitter menjadi sosial media yang populer adalah karena sosial media sangat simple dan mudah untuk digunakan. Sistem yang digunakan twitter adalah following dan follower. Sistem yang digunakan twitter adalah following dan follower. Dimana kita bisa memfollow siapa saja tanpa harus diterima olah orang yang kita follow. Kecuali jika orang yang Anda follow ternyata mengunci akun twitternya.
3. Instagram
Sosial media populer ini biasa digunakan oleh orang untuk mengabadikan momen-momen berharga dari hidupnya. Pada awalnya hanya penggguna ios saja yang dapat menggunakan instagram, namun karena ternyata banyaknya peminat aplikasi ini akhirnya instagrampun dirilis untuk versi android dan juga windows phone. Dengan demikian semakin membuat pengguna instagram semakin banyak. Diketahui bahwa pengguna instagram saat ini telah mencapai lebih dari 30 juta pengguna.
4. Whatsapp
WhatsApp merupakan aplikasi sosial media yang terkoneksi langsung dengan nomor mobile phone yang digunakan. Aplikasi chat gratis ini memiliki fitur yang sangat simple, selain juga dapat digunakan untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp juga mampu mengirim voice record dan juga menelepon. Tampilannya yang simple membuat aplikasi ini menjadi favorit orang-orang karena tidak membebani memori handphone. Diketahui pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai angka 34 juta pengguna.
5. Line
Sama halnya dengan WhatsApp, sosial media asal Jepang ini juga merupakan aplikasi sosial media yang digunakan untuk chatting dengan teman, tentunya secara gratis juga. Juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, Line juga dilengkapi dengan kumpulan stiker lucu agar pengguna betah menggunakan aplikasi ini. Selain itu juga ada fitur seperti timeline dimana penggunanya dapat mengshare statusnya supaya dibaca oleh teman-temannya. Dengan segala fitur menarik yang disediakan oleh Line, sebanyak 10 juta orang tercatat telah menggunakan aplikasi ini.
Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media
Kelebihan
1. orang dapat berkomunikasi jarak jauh
2.dapat digunakan untuk berbisnis
3. dapat mengetahui informasi dengan cepat
4. dapat bertukar pikiran atau pendapat
dengan orang lain
5. dapat digunakan sebagai media pendidikan
Kekurangan
1. sering disalahgunakan
2. dapat menimbulkan banyak virus
3. sering digunakan untuk mencemarkan nama
baik melalui akun palsu
Komentar
Posting Komentar